Jumat, 23 September 2011

Garis-Garis Besar Program Pengajaran Metodologi Penelitian Kebidanan



Nama Mata Kuliah   : Metodologi Penelitian
Kode Mata Kuliah    : Bd. 405
Beban Studi               : 2 SKS

A.    Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah Metodologi Penelitian membahas tentang konsep dasar penelitian, masalah penelitian, kerangka teori, dan kerangka konsep, variabel dan definisi operasional, rancangan penelitian, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data serta penulisan proposal penelitian.

B.     Tujuan Instruksional :
Mahasiswa mampu mengaplikasikan materi metodologi penelitian yang meliputi konsep dasar penelitian, masalah penelitian, kerangka teori, dan kerangka konsep, variabel dan definisi operasional, rancangan penelitian, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data serta penulisan proposal penelitian.

C.    Strategi Perkuliahan :
Strategi perkuliahan dilakukan dengan metode SCL (student centre learning), mahasiswa dituntut aktif mengembangkan materi, diskusi dan mengaplikasikan materi.

D.    Evaluasi :
1.      Ujian Tengah Semester     : 20 %
2.      Ujian Akhir Semester        : 30%
3.      Praktik                               : 50%




No
Pokok Bahasan
(Tujuan Intruksional Umum/TIU)
Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar (Tujuan Instruksional Khusus/TIK)
Waktu
Referensi
1
1.1  PENGERTIAN PENELITIAN
1.2  TUJUAN PENELITIAN
1.3  IMPLIKASI PENELITIAN DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA KAITANNYA DENGAN PERKEMBANGAN IPTEK
1.4  RUANG LINGKUP PENELITIAN KEBIDANAN

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.

 










Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya penelitian kebidanan dalam perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kebidanan
120 Menit

BU 1, 2, 3 ,3,4,5
BA 3
2
2.1  LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
2.2  CARA PENYUSUNAN PROPOSAL
2.3  CONTOH MODEL PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.









Mahasiswa dapat :
-          Memahami sistematika langkah-langkah penelitian
-          Memahami cara penyusunan proposal penelitian
120 Menit
BU 1,3,5
BA 5





3
3.1  PENGERTIAN MASALAH PENELITIAN
3.2  MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN





Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.


3.2.1        Mencari masalah
3.2.2        Sumber masalah
3.2.3        Ciri masalah
3.2.4        Cara merumuskan masalah



Mahasiswa dapat:
-        Menjelaskan pengertian masalah penelitian
-        Memahami perumusan masalah-masalah penelitian

120 Menit
BU 1,2,5
BA 1,3
4
4.1  PENTINGNYA TUJUAN PENELITIAN
4.2  CARA MERUMUSKAN TUJUAN PENELITIAN

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.





Mahasiswa dapat merumuskan tujuan penelitian
120 Menit
BU 1,2,4,5
BA 1,5
5
5.1  KERANGKA TEORITIS
5.2  KERANGKA KONSEP






Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.


5.2.1        Pengertian
5.2.2        Peranan kerangka konsep
5.2.3        Cara mengembangkan konsep

Mahasiswa dapat mengembangkan kerangka konsep penelitian










BU 1,2,3,4
BA 1,5
6
6.1  PENGERTIAN VARIABLE DAN KONSEP
6.2  JENIS-JENIS VARIABLE
6.3  HUBUNGAN VARIABLE
6.4  DEFENISI OPERASIONAL VARIABLE

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.







Mahasiswa dapat menetapkan variable penelitian dengan benar
120 Menit
BU 1
BU 2,3,5
BA 2
7
7.1  HIPOTESIS PENELITIAN



7.2  JENIS PENELITIAN




Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.

7.1.1        Pengertian hipotesis
7.1.2        Ciri hipotesis yang baik
7.1.3        Jenis-jenis hipotesis

7.2.1        Menurut tujuan
7.2.2        Menurut sifat dasar
7.2.3        Menurut pendekatan
7.2.4        Menurut metoda

Mahasiswa dapat :
-          Menjelaskan pengertian hipotesis dan ciri hipotesis yang baik
-          Merumuskan hipotesis penelitian
-          Membedakan berbagai macam jenis penelitian
120 Menit
BU 1,3,4,5
BA 2
8
MID TEST



9
9.1  PENGERTIAN RANCANGAN PENELITIAN
9.2  HUBUNGAN RANCANGAN PENELITIAN DENGAN PEMBUKTIAN HIPOTESIS


9.3  RANCANGAN PENELITIAN SURVEY

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.



9.2.1        Hubungan kausal
9.2.2        Validitas eksternal dan internal



Mahasiswa dapat :
-          Menjelaskan pengertian rancangan penelitian
-          Menjelaskan hubungan rancangan penelitian dengan pembuktian hipotesis
-          Mengenal rancangan penelitian survey

120 Menit
BU 1,2,3,5
BA 2
10
10.1RANCANGAN PENELITIAN PERCOBAAN




10.2RANCANGAN QUASI EKSPERIMENTAL
10.3RANCANGAN PENELITIAN KLINIK


Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.

10.1.1    Prinsip dasar
10.1.2    Jenis rancangan percobaan (RAI/RAK)
10.1.3    Percobaan factorial






Mahasiswa dapat mengenal rancangan penelitian percobaan, rancangan quasi eksperimental dan rancangan penelitian klinik.
120 Menit
BU 1,5

11
11.1PENGERTIAN RAP
11.2TUJUAN RAP
11.3KEGUNAAN RAP
11.4RANCANGAN PELAKSANAAN RAP





Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan: konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.




11.4.1    Fgd
11.4.2    Indepth interview
11.4.3    Observasi
11.4.4    Survey



Mahasiswa dapat memahami rapid assessment prosedur (RAP)
120 Menit
BU 1, 2,4
BA 1, 3, 5
12
12.1METODE PENGUMPULAN DATA
12.2TEKNIK PENGUMPULAN DATA




Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.



12.2.1    Pengamatan
12.2.2    Angket
12.2.3    Wawancara
12.2.4    Pengukuran


Mahasiswa dapat  memahami teknik pengumpulan data 
120 Menit
BU 1, 2,5
BA 1, 3, 5
13
13.1VALIDITAS DAN RELIABILITAS
13.2PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.






Mahasiswa dapat :
-          Memahami validitas dan reliabilitas
-          Membuat instrumen penelitian

120 Menit
BU 1, 2, 3,4,5
BA 1, 2, 3, 4, 5
14
14.1PENGERTIAN PENGOLAHAN DATA
14.2TAHAP-TAHAP PENGOLAHAN DATA
14.3CARA PENGOLAHAN DATA
14.4INTERPRETASI HASIL PENGOLAHAN DATA

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.









Mahasiswa dapat memahami cara pengolahan data dan interpretasinya

120 Menit
BU 1, 2, 3
BA 1, 2, 3, 4, 5
15
15.1TEKNIK PRESENTASI HASIL
15.2SISTEMATIKA LAPORAN
15.3PENULISAN RUJUKAN / SUMBER PUSTAKA

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.





Mahasiswa mampu memahami teknik presentasi hasil, sistematika laporan dan penulisan sumber pustaka

120 Menit
BU I,5
16
FINAL TEST




REFERENSI :
Buku Utama
  1. Pratiknya, 2000, Dasar-dasar Metodelogi Penelitian dan Kesehatan, Jakarta, Raja Grapindo Presada
  2. Arjatmo Tjokronegoro, 1999, Metodelogi Penelitian Bidang Kedokteran, Jakarta, FKUI
  3. Soekidjo Notoatmojo, 1993, Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta
4.      A. Aziz Alimul Hidayat, 2009, Metodologi Penelitian kebidanan dan Teknik  Analisa Data, Jakarta, Salemba medika.
5.      Azrul Azwar, Jaedo Prihartono, 2003, Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Batam, Bina Rupa Aksara.

Buku Anjuran :
  1. Collin Rees, 1997, An Introduction to research for midwives, England, chapter 4
  2. Ruth Bennett, 1993, Myles Textbook for Midwives. Longman Group UK Limited, chapter 50
  3. Elizabeth R, Cluetlaand Rosalind Bluff, 2000, Principles and Practice of Reseach in Midwifery. Bailliere Tindall, Harcout Publishers Limited
  4. Felicia Mc Carnick and Mary Refren, 1997, The Midwives Research Database, MIRIAD, Third edition, Ashley Road, Hochland & Hochland Limited
  5. Pam Smith, 1997, Research Mindodness for Practice, An Interactive Approach for Nursing and Health Care, London, Churchill Livingstone
Poskan Komentar