Nama Mata Kuliah : Metodologi Penelitian
Kode Mata Kuliah : Bd. 405
Beban Studi : 2 SKS
Waktu : 120 Menit
A. Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah Metodologi Penelitian membahas tentang konsep dasar penelitian, masalah penelitian, kerangka teori, dan kerangka konsep, variabel dan definisi operasional, rancangan penelitian, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data serta penulisan proposal penelitian.
B. Tujuan Instruksional :
Mahasiswa mampu mengaplikasikan materi metodologi penelitian yang meliputi konsep dasar penelitian, masalah penelitian, kerangka teori, dan kerangka konsep, variabel dan definisi operasional, rancangan penelitian, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data serta penulisan proposal penelitian.
C. Strategi Perkuliahan :
Strategi perkuliahan dilakukan dengan metode SCL (student centre learning), mahasiswa dituntut aktif mengembangkan materi, diskusi dan mengaplikasikan materi.
D. Evaluasi :
Pre dan Post Test, Quiz, Respons
Pertke
|
Pokok Bahasan
(Tujuan Intruksional Umum/TIU)
|
Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar (Tujuan Instruksional Khusus/TIK)
|
Aktifitas
|
Media
|
Tugas
|
Referensi
| |||||
1
|
1.1 PENGERTIAN PENELITIAN
1.2 TUJUAN PENELITIAN
1.3 IMPLIKASI PENELITIAN DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA KAITANNYA DENGAN PERKEMBANGAN IPTEK
1.4 RUANG LINGKUP PENELITIAN KEBIDANAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya penelitian kebidanan dalam perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kebidanan
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia, White board
|
-
|
BU 1,2,3,4,5
BA 3
| |||||
2
|
2.1 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
2.2 CARA PENYUSUNAN PROPOSAL
2.3 CONTOH MODEL PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat :
- Memahami sistematika langkah-langkah penelitian
- Memahami cara penyusunan proposal penelitian
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia, White board
|
Diskusi kelompok
|
BU 1,3,6
BA 5
| |||||
3
|
3.1 PENGERTIAN MASALAH PENELITIAN
3.2 MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
3.2.1 Mencari masalah
3.2.2 Sumber masalah
3.2.3 Ciri masalah
3.2.4 Cara merumuskan masalah
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan pengertian masalah penelitian
- Memahami perumusan masalah-masalah penelitian
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia, White board
|
Quiz
|
BU 1,2,5
BA 1,3
| |||||
4
|
4.1 PENTINGNYA TUJUAN PENELITIAN
4.2 CARA MERUMUSKAN TUJUAN PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat merumuskan tujuan penelitian
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia, White board
|
-
|
BU 1,2,3,4
BA 1,5
| |||||
5
|
5.1 KERANGKA TEORITIS
5.2 KERANGKA KONSEP
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
5.2.1 Pengertian
5.2.2 Peranan kerangka konsep
5.2.3 Cara mengembangkan konsep
Mahasiswa dapat mengembangkan kerangka konsep penelitian
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia, White board
|
-
|
BU 1,2,4,6
BA 1,5
| |||||
6
|
6.1 PENGERTIAN VARIABLE DAN KONSEP
6.2 JENIS-JENIS VARIABLE
6.3 HUBUNGAN VARIABLE
6.4 DEFENISI OPERASIONAL VARIABLE
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat menetapkan variable penelitian dengan benar
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia, White board
|
-
|
BU 1
BU 3
BA 2
| |||||
7
|
7.1 HIPOTESIS PENELITIAN
7.2 JENIS PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
7.1.1 Pengertian hipotesis
7.1.2 Ciri hipotesis yang baik
7.1.3 Jenis-jenis hipotesis
7.2.1 Menurut tujuan
7.2.2 Menurut sifat dasar
7.2.3 Menurut pendekatan
7.2.4 Menurut metoda
Mahasiswa dapat :
- Menjelaskan pengertian hipotesis dan ciri hipotesis yang baik
- Merumuskan hipotesis penelitian
- Membedakan berbagai macam jenis penelitian
|
Brain storming
CTJ
|
Flipchart
Multimedia
White board
|
Quiz
|
BU 1,4,5,6
BU 3
BA 2
| |||||
8
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
| ||||||||||
9
|
9.1 PENGERTIAN RANCANGAN PENELITIAN
9.2 HUBUNGAN RANCANGAN PENELITIAN DENGAN PEMBUKTIAN HIPOTESIS
9.3 RANCANGAN PENELITIAN SURVEY
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
9.2.1 Hubungan kausal
9.2.2 Validitas eksternal dan internal
Mahasiswa dapat :
- Menjelaskan pengertian rancangan penelitian
- Menjelaskan hubungan rancangan penelitian dengan pembuktian hipotesis
- Mengenal rancangan penelitian survey
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia
White board
|
-
|
BU 1,3,5,6
BA 2
| |||||
10
|
10.1 RANCANGAN PENELITIAN
PERCOBAAN
10.2 RANCANGAN QUASI
EKSPERIMENTAL
10.3 RANCANGAN PENELITIAN KLINIK
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
10.1.1 Prinsip dasar
10.1.2 Jenis rancangan percobaan (RAI/RAK)
10.1.3 Percobaan factorial
Mahasiswa dapat mengenal rancangan penelitian percobaan, rancangan quasi eksperimental dan rancangan penelitian klinik.
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia
White board
|
-
|
BU 1
| |||||
11
|
11.1 PENGERTIAN RAP
11.2 TUJUAN RAP
11.3 KEGUNAAN RAP
11.4 RANCANGAN PELAKSANAAN RAP
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan: konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
11.4.1 Fgd
11.4.2 Indepth interview
11.4.3 Observasi
11.4.4 Survey
Mahasiswa dapat memahami rapid assessment prosedur (RAP)
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia
White board
|
-
|
BU 1, 2
BA 1, 3, 5
| |||||
12
|
12.1 METODE PENGUMPULAN DATA
12.2 TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
12.2.1 Pengamatan
12.2.2 Angket
12.2.3 Wawancara
12.2.4 Pengukuran
Mahasiswa dapat memahami teknik pengumpulan data
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia
White board
|
Quiz
|
BU 1, 2,6
BA 1, 3, 5
| |||||
13
|
13.1 VALIDITAS DAN RELIABILITAS
13.2 PENGEMBANGAN INSTRUMEN
PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat :
- Memahami validitas dan reliabilitas
- Membuat instrumen penelitian
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia
White board
|
-
|
BU 1, 2, 3
BA 1, 2, 3, 4, 5
| |||||
14
|
14.1 PENGERTIAN PENGOLAHAN DATA
14.2 TAHAP-TAHAP PENGOLAHAN DATA
14.3 CARA PENGOLAHAN DATA
14.4 INTERPRETASI HASIL PENGOLAHAN
DATA
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat memahami cara pengolahan data dan interpretasinya
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia
White board
|
-
|
BU 1, 2, 3
BA 1, 2, 3, 4, 5
| |||||
15
|
15.1 TEKNIK PRESENTASI HASIL
15.2 SISTEMATIKA LAPORAN
15.3 PENULISAN RUJUKAN / SUMBER
PUSTAKA
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa mampu memahami teknik presentasi hasil, sistematika laporan dan penulisan sumber pustaka
|
Brain storming
CTJ
|
Multimedia
White board
|
Quiz
|
BU I
| |||||
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
| ||||||||||
E. Referensi :
Buku Utama
1. Pratiknya, 2000, Dasar-dasar Metodelogi Penelitian dan Kesehatan, Jakarta, Raja Grapindo Presada
2. J. Vredenbregt, 1984, Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, Jakarta, PT. Gramedia
3. Arjatmo Tjokronegoro, 1999, Metodelogi Penelitian Bidang Kedokteran, Jakarta, FKUI
4. Soekidjo Notoatmojo, 1993, Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta
5. A. Aziz Alimul Hidayat, 2009, Metodologi Penelitian kebidanan dan Teknik Analisa Data, Jakarta, Salemba medika.
6. Azrul Azwar, Jaedo Prihartono, 2003, Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Batam, Bina Rupa Aksara.
Buku Anjuran :
1. Collin Rees, 1997, An Introduction to research for midwives, England, chapter 4
2. Ruth Bennett, 1993, Myles Textbook for Midwives. Longman Group UK Limited, chapter 50
3. Elizabeth R, Cluetlaand Rosalind Bluff, 2000, Principles and Practice of Reseach in Midwifery. Bailliere Tindall, Harcout Publishers Limited
4. Felicia Mc Carnick and Mary Refren, 1997, The Midwives Research Database, MIRIAD, Third edition, Ashley Road, Hochland & Hochland Limited
5. Pam Smith, 1997, Research Mindodness for Practice, An Interactive Approach for Nursing and Health Care, London, Churchill Livingstone
No comments:
Post a Comment