FGD merupakan bentuk penelitian kualitatif di mana sekelompok orang yang bertanya
tentang sikap mereka terhadap produk, layanan, konsep, iklan, ide, atau
kemasan. Pertanyaan diminta dalam grup pengaturan interaktif dimana peserta
bebas untuk berbicara dengan anggota kelompok lainnya.
Dalam FGD biasanya terdapat
suatu topik yang dibahas dan didiskusikan bersama. Prinsip-prinsip FGD di
antaranya:
1. FGD adalah kelompok
diskusi bukan wawancara atau obrolan. Ciri khas metode FGD yang tidak dimiliki
oleh metode riset kualitaif lainnya (wawancara mendalam atau observasi) adalah
interaksi! Hidup mati sebuah FGD terletak pada ciri ini. Tanpa interaksi sebuah
FGD berubah wujud menjadi kelompok wawancara terfokus (FGI-Focus Group
Interview). Hal ini terjadi apabila moderator cenderung selalu mengkonfirmasi
setiap topik satu per satu kepada seluruh peserta FGD. Semua peserta FGD secara
bergilir diminta responnya untuk setiap topik, sehingga tidak terjadi dinamika
kelompok.