Nama Dosen : THOUFAN PRATAMA, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
kesatu
Alokasi Waktu :
100 menit
Pertemuan :
kesatu
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui,
memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi
sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi
Dasar :
Memahami Konsep
dasar Epidemiologi
|
III.
Indikator :
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan pengertian Epidemiologi
2.
Menjelaskan tokoh-tokoh epidemiologi
3.
Menjelaskan sejarah perkembangan epidemiologi
4.
Menjelaskan kegunaan epidmiologi
|
IV.
Materi Ajar :
1.
Pengertian Epidemiologi
2.
Tokoh-tokoh epidemiologi
3.
Sejarah perkembangan epidemiologi
4.
Kegunaan epidemiologi
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan
tanya jawab
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka
mata kuliah dengan salam dan basmalah
B. Kegiatan
Inti :
·
Dosen menjelaskan tentang pengertian epidemiologi,
sejarah perkembangan dan kegunaan epidemiologi
·
Mahasiswa mendengarkan ceramah dosen
·
Mahasiswa bertanya tentang materi yang belum jelas atau
memberikan masukan /komentar tentang materiyang disampaikan
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen membuat
rangkuman hasil diskusi dengan hamdalah
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.
Alat/Media :
OHP, LCD, Laptop
B.
Bahan/Sumber Belajar
:
·
Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi
II, 2004,
·
Beaglehole,
Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·
Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·
Azwar A, Pengantar Epidemiologi, 1987
|
VIII. Penilaian
:
A. Teknik
dan Instrumen penilaian :
1.
Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.
Jelaskan pengertian epidemiologi.
3.
Jelaskan kegunaan epidemiologi.
B.
Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 2 PT + 3 T / 5
Keterangan : PT = Pretest
T = Tes Tulis
|
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Thoufan Pratama,
SKM
Program
Studi : DIII Kebidanan
Kode Mata
Kuliah :
Nama Mata
Kuliah : Epidemiologi
Jumlah SKS : 2
Kelas/Semester : IV
Pertemuan : kedua
Alokasi
Waktu : 200 menit
Pertemuan : ke 2 dan 3
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat
mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep
epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi Dasar
:
Memahami Konsep Penyebab Penyakit
|
III.
Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan pengertian Penyebab
2.
Menjelaskan Konsep terjadinya penyakit model Roda
3.
Menjelaskan Konsep terjadinya penyakit model Kerangka sebab akibat
4.
Menjelaskan konsep terjadinya penyakit model segitiga epidemiologi
5.
Menjelaskan konsep pencegahan
6.
Menjelaskan tahap-tahap pencegahan
|
IV.
Materi Ajar :
1.
Pengertian penyebab
2.
Konsep terjadinya penyakit model Roda
3.
Menjelaskan Konsep terjadinya penyakit model Kerangka sebab akibat
4.
Menjelaskan konsep terjadinya penyakit model segitiga epidemiologi
5.
Menjelaskan konsep pencegahan
6.
Menjelaskan tahap-tahap pencegahan
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah,Giving Question and getting
Answer
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka
mata kuliah dengan salam dan basmalah
B. Kegiatan
Inti :
· Dosen
melakukan apresepsi materi sebelumnya
· Dosen
memberikan materi pengertian konsep penyebab dan pencegahan
· Dosen
membagi 8 kelompok
· Mahasiswa
membuat 1 pertanyaan tentang materi yang belum jelas dan 1 kartu pernyataan
tentang materi yan telah dikuasai
· Dosen
menyilangkan kartu ke kelompok lainnya untuk dijawab
· Mahasiswa
berdiskusi jawaban pertanyaan yang diberikan
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen membuat
rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a.
Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
b.
Bahan/Sumber Belajar
:
·
Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi
II, 2004
·
Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·
Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004
·
Azwar A, Pengantar Epidemiologi, 1987
|
VIII. Penilaian
:
A. Teknik
dan Instrumen penilaian :
1. Keaktifan
dalam perkuliahan (dinilai)
2. Jelaskan
konsep penyebab secara multifaktor
3. Nutrisi
yang adekuat termasuk pencegahan.......
B.
Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 1 L + 2 P + 2 T / 5
Keterangan : L = hasil
diskusi
P = Proses
(keaktifan)
T = Tes Tulis
|
RENCANA MUTU
PEMBELAJARAN
Nama Dosen :
Thoufan Pratama, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
ke tiga
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
ke 4 dan 5
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui,
memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi
sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi Dasar
:
Memahami Ukuran-ukuran dalam
epidemiologi
|
III.
Indikator :
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan macam-macam ukuran epidemiologi
2.
Menjelaskan macam-macam ukuran frekuensi penyakit
3.
Menjelaskan konsep insidens dan prevalens
4.
Menjelaskan statistik kesakitan dan kematian
|
IV.
Materi Ajar :
1.
Macam-macam ukuran epidemiologi
2.
Macam-macam ukuran frekuensi penyakit
3.
Konsep insidens dan prevalens
4.
Statistik kesakitan dan kematian
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan
reading guide
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka
mata kuliah dengan salam dan basmalah
B. Kegiatan
Inti :
·
Dosen memberikan materi ukuran epidemiologi
·
Mahasiswa menjawab pertanyaan
·
Dosen memberikan pertanyaan secara tertulis
·
Mahasiswa menjawab pertanyaan
·
Mahasiswa berdiskusi atas jawaban pertanyaan yang
diberikan
·
Dosen klarifikasi jawaban pertanyaan
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen membuat
rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
b. Bahan/Sumber
Belajar :
·
Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi
II, 2004,
·
Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·
Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·
Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda, 1998
·
Ahlbom A, Pengantar Epidemiologi Modern, 1992
|
VIII. Penilaian
:
A. Teknik dan Instrumen
penilaian :
1.
Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.
Prevalens rate dapat digunakan untuk ..................
3.
Insidens Rate dapat digunakan untuk .........
B.
Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 1 L + 2 P + 2 T / 5
Keterangan : L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis
|
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen :
Thoufan Pratama, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
ke empat
Alokasi Waktu :
100 menit
Pertemuan :
ke 6
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui,
memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi
sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi
Dasar :
Memahami Variabel epidemiologi
|
III.
Indikator :
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan pengertian variabel epidemiologi
2.
Menjelaskan variabel epidemiologi model time place
person
|
IV.
Materi Ajar :
1.
Pengertian variabel epidemiologi
2.
Variabel Epidemiologi model time place person
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah,
reading guide
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka
mata kuliah dengan salam dan basmalah
B. Kegiatan
Inti :
o
Dosen memberikan materi variabel epidemiologi
o
Mahasiswa menjawab pertanyaan
o
Dosen memberikan pertanyaan secara tertulis
o
Mahasiswa menjawab pertanyaan
o
Mahasiswa berdiskusi atas jawaban pertanyaan yang
diberikan
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen membuat
rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.
Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B.
Bahan/Sumber Belajar
:
·
Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi
II, 2004.
·
Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·
Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·
Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda, 1998
|
VIII. Penilaian
:
C.
A. Teknik dan Instrumen penilaian :
1.
Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.
Skala perubahan frekuensi penyakit gangguan akibat
kekurangan Yodium (GAKY) yang terjadi di suatu wilayah adalah....
3.
Jelaskan apa yang dimaksud pandemi
B. Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 1 L + 2 P + 2 T / 5
Keterangan : L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis
|
RENCANA MUTU
PEMBELAJARAN
Nama Dosen :
Thoufan Pratama, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
ke lima
Alokasi Waktu :
100 menit
Pertemuan :
ke 7
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui,
memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi
sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi
Dasar :
Memahami Desain studi epidemiologi
Deskriptif
|
III.
Indikator :
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan macam-macam desain studi epidemiologi
2.
Menjelaskan desain studi deskriptif
3.
menjelaskan kelemahan dan kelebihan desain studi
deskriptif
4.
Menjelaskan desain studi cross sectional
|
IV.
Materi Ajar :
1.
Macam-macam desain studi epidemiologi
2.
Desain studi deskriptif
3.
Kelemahan dan kelebihan desain studi deskriptif
4.
Desain studi cross sectional
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah,
reading guide
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka
mata kuliah dengan salam dan basmalah
B. Kegiatan
Inti :
o
Dosen memberikan materi desain studi epidemiologi
Deskriptif
o
Mahasiswa menjawab pertanyaan
o
Dosen memberikan pertanyaan secara tertulis
o
Mahasiswa menjawab pertanyaan
o
Mahasiswa berdiskusi atas jawaban pertanyaan yang
diberikan
o
Dosen Klarifikasi jawaban pertanyaan
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen membuat
rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a.
Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
b.
Bahan/Sumber Belajar
:
·
Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi
II, 2004,
·
Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·
Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·
Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda, 1998
·
Pengantar Epidemiologi Modern, 1992,
·
Sastroasmoro S, Metode Penelitian Klinis, 2001
|
VIII. Penilaian
:
A.
Teknik dan Instrumen penilaian :
1. Keaktifan
dalam perkuliahan (dinilai)
2. Pada
studi cross sectional ukuran yang sering digunakan untuk menyatakan asosiasi
suatu faktor dengan penyakit adalah
....
3. Desain
penelitian di bawah ini termasuk studi deskriptif,....
B.
Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 1 L + 2 P + 2 T / 5
Keterangan : L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis
|
RENCANA MUTU
PEMBELAJARAN
Nama Dosen :
Thoufan Pratama, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
ke enam
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
ke 8 dan 9
I. Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat
mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep
epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi Dasar :
Memahami Desain studi epidemiologi
Analitik
|
III.
Indikator :
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
A.
menjelaskan desain studi analitik
B.
menjelaskan kelemahan dan kelebihan desain studi kohort
C.
menjelaskan kelemahan dan kelebihan desain studi kasus
kohort
D.
menjelaskan studi eksperimental
|
IV.
Materi Ajar :
A.
Desain studi analitik
B.
Kelemahan dan kelebihan desain studi kohort
C.
Kelemahan dan kelebihan desain studi kasus kohort
D.
Studi Eksperimental
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah,
reading guide
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka
mata kuliah dengan salam dan basmalah
B. Kegiatan
Inti :
o
Dosen memberikan materi desain studi epidemiologi
o
Mahasiswa menjawab pertanyaan
o
Dosen memberikan pertanyaan secara tertulis
o
Mahasiswa menjawab pertanyaan
o
Mahasiswa berdiskusi atas jawaban pertanyaan yang
diberikan
o
Dosen Klarifikasi jawaban pertanyaan
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen membuat rangkuman
hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a.
Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
b.
Bahan/Sumber Belajar
:
1.
Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi
II, 2004,
2.
Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
3.
Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
4.
Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda, 1998
5.
Pengantar Epidemiologi Modern, 1992,
6.
Sastroasmoro S, Metode Penelitian Klinis, 2001
|
VIII. Penilaian
:
A.
Teknik dan Instrumen penilaian :
1.
Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.
Pada studi kohort ukuran yang sering digunakan untuk
menyatakan asosiasi suatu faktor dengan penyakit adalah ....
3.
Desain
penelitian di bawah ini termasuk studi eksperimental,....
B.
Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 1 L + 2 P + 2 T / 5
Keterangan : L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis
|
RENCANA MUTU
PEMBELAJARAN
Nama Dosen :
Thoufan Pratama, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
ketujuh
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
10 dan 11
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat
mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep
epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi
Dasar :
Memahami Konsep dasar Skrinning
|
III.
Indikator :
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan pengertian skrinning
2.
Menjelaskan tujuan dan manfaat skrinning
3.
Menjelaskan penyakit yang baik untuk diskrinning
4.
Menjelaskan validitas skrinning tes
|
IV.
Materi Ajar :
1.
Pengertian skrinning
2.
Tujuan dan manfaat skrinning
3.
Validitas skrinning tes (sensitivitas, Spesivisitas,
Nilai prediktif positif dan nilai prediktif negatif)
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah,
Diskusi Kelompok, Presentasi
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka
mata kuliah dan menjelaskan tentang pengertian skrinning, tujuan dan manfaat
serta perhitungan validitas skrinning tes (sensitifitas, spesivisitas, nilai
prediktif positif dan nilai prediktif negatif)
B. Kegiatan
Inti :
· Dosen
membagi menjadi 8 kelompok
· Masing-
masing kelompok diminta mendiskusikan materi dan menghitung validitas
skrinning yang telah ditentukan oleh dosen
· Mahasiswa
membuat laporan hasil perhitungan validitas skrinning
· Masing-Masing
kelompok presentasi dalam diskusi kelas
· Dosen
memberi klarifikasi dan arahan hasil
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen membuat
rangkuman hasil diskusi
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a. Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
b. Bahan/Sumber
Belajar :
·
Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi
II, 2004, Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·
Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·
Green B, Medical Epidemiology, 2001
·
Ahlbom A, Pengantar Epidemiologi Modern, 1992
|
VIII. Penilaian
:
A.Teknik dan Instrumen penilaian :
1.
Hasil Diskusi (dinilai Dosen)
2.
Keaktifan dalam diskusi (dinilai)
3.
Kemampuan suatu tes untuk menyisihkan orang yang tidak sakit dari kelompok orang yang benar-benar
tidak sakit disebut....
4.
Kemampuan suatu tes untuk menyisihkan orang yang sakit
dari kelompok orang yang benar-benar sakit disebut............
B. Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 1 L + 2 P + 2 T / 5
Keterangan : L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis
|
RENCANA MUTU PEMBELAJARAN
Nama Dosen : Thoufan Pratama,
SKM
Program
Studi : DIII Kebidanan
Kode Mata
Kuliah :
Nama Mata
Kuliah : Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
kedelapan
Alokasi Waktu :
100 menit
Pertemuan :
12
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui,
memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi
sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi
Dasar :
Memahami Investigasi wabah
|
III.
Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan pengertian wabah
2.
Menjelaskan tujuan investigasi wabah
3.
Menjelaskan langkah-langkah investigasi wabah
|
IV.
Materi Ajar :
1.
Pengertian wabah/KLB
2.
Tujuan investigasi wabah
3.
Langkah-langkah investigasi wabah
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah, Diskusi Kelompok,
Presentasi
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka
mata kuliah dengan basmalah
B. Kegiatan
Inti :
· Dosen
menjelaskan tentang pengertian wabah, tujuan investigasi wabah dan
langkah-langkah investigasi wabah
· Mahasiswa
mendengarkan ceramah dosen
· Mahasiswa
bertanya tentang materi yang belum jelas atau memberikan masukan /komentar
tentang materiyang disampaikan
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen menutup
perkuliahan dengan hamdalah
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.
Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B.
Bahan/Sumber Belajar
:
·
Depkes, Petunjuk praktis penyelidikan wabah, 2001
·
Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda,1998
|
VIII. Penilaian
:
A.Teknik dan Instrumen penilaian :
1.
Hasil diskusi (dinilai Dosen)
2.
Keaktifan dalam diskusi (dinilai)
3.
jelaskan tujuan investigasi wabah
4.
jelaskan langkah-langkah investigasi wabah
B.Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 1 L + 2 P + 2 T / 5
Keterangan : L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis
|
RENCANA MUTU
PEMBELAJARAN
Nama Dosen :
Thoufan Pratama, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
kesembilan
Alokasi Waktu :
100 menit
Pertemuan :
ke 13
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori,
konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam
melakukan
penelitian.
|
II.
Kompetensi Dasar
:
Memahami Surveilans Epidemiologi
|
III.
Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan pengertian surveilans
2.
Menjelaskan tujuan dan manfaat surveilans
3.
Menjelaskan evaluasi sistem surveilans
4.
Menjelaskan surveilans epidemiologi
|
IV.
Materi Ajar :
1.
Pengertian surveilans
2.
Tujuan dan manfaat surveilans
3.
Evaluasi sistem surveilans
4.
Surveilans Epidemiologi
|
V.
Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah,
Diskusi Kelompok, Presentasi
|
VI.
Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan
Awal :
Dosen membuka mata kuliah dengan basmalah dan menjelaskan tentang
pengertian, tujuan, evaluasi sistem surveilans dan surveilans epidemiologi
B. Kegiatan
Inti :
1.
Dosen menjelaskan tentang pengertian, tujuan dan
manfaat surveilans, evaluasi sistem surveilans
2.
Mahasiswa mendengarkan ceramah dosen
3.
Mahasiswa bertanya tentang materi yang belum jelas atau
memberikan masukan /komentar tentang materi yang disampaikan
C. Kegiatan
Akhir :
Dosen menutup
perkuliahan dengan hamdalah
|
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.
Alat/Media : OHP, LCD, Laptop
B.
Bahan/Sumber Belajar
:
·
Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi
II, 2004
·
Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997
·
Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda,1998
·
Depkes, Petunjuk praktis surveilans epidemiologi
penyakit, 2003
|
VIII. Penilaian
:
A.
Teknik dan Instrumen penilaian :
1.
Hasil Diskusi (dinilai Dosen)
2.
Keaktifan dalam diskusi (dinilai)
3.
Jelaskan tujuan surveilans
4.
jelaskan evaluasi sistem surveilans
B.
Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif = 1 L + 2 P + 2 T / 5
Keterangan : L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis
|
No comments:
Post a Comment