Thursday, March 8, 2012

(SAP) Satuan Acara Pembelajaran Epidemiologi



Nama Dosen            : THOUFAN PRATAMA, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : kesatu
Alokasi Waktu         : 100 menit
Pertemuan               : kesatu


I.              Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.



II.             Kompetensi Dasar :
Memahami Konsep dasar Epidemiologi



 
III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.      Menjelaskan pengertian Epidemiologi
2.      Menjelaskan tokoh-tokoh epidemiologi
3.      Menjelaskan sejarah perkembangan epidemiologi
4.      Menjelaskan kegunaan epidmiologi



IV.          Materi Ajar :
1.    Pengertian Epidemiologi
2.    Tokoh-tokoh epidemiologi
3.    Sejarah perkembangan epidemiologi
4.    Kegunaan epidemiologi



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan tanya jawab




VI.          Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dengan salam dan basmalah

B. Kegiatan Inti        :
·         Dosen menjelaskan tentang pengertian epidemiologi, sejarah perkembangan dan kegunaan epidemiologi
·         Mahasiswa mendengarkan ceramah dosen
·         Mahasiswa bertanya tentang materi yang belum jelas atau memberikan masukan /komentar tentang materiyang disampaikan

C. Kegiatan Akhir  :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dengan hamdalah



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.   Alat/Media                      : OHP, LCD, Laptop
B.   Bahan/Sumber Belajar   :
·         Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi II, 2004,
·          Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·         Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·         Azwar A, Pengantar Epidemiologi, 1987



VIII. Penilaian :
A.    Teknik dan Instrumen penilaian :
1.        Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.        Jelaskan pengertian epidemiologi.
3.        Jelaskan kegunaan epidemiologi.

B.   Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  2 PT + 3 T / 5

Keterangan :  PT = Pretest
T  = Tes Tulis




RENCANA MUTU PEMBELAJARAN


Nama Dosen            : Thoufan Pratama, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : kedua
Alokasi Waktu         : 200 menit
Pertemuan               : ke 2 dan 3


I.              Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.



II.             Kompetensi Dasar :
Memahami Konsep Penyebab Penyakit



III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan pengertian Penyebab
2.    Menjelaskan Konsep terjadinya penyakit model Roda
3.    Menjelaskan Konsep terjadinya penyakit  model Kerangka sebab akibat
4.    Menjelaskan konsep terjadinya penyakit  model segitiga epidemiologi
5.    Menjelaskan konsep pencegahan
6.    Menjelaskan tahap-tahap pencegahan



IV.          Materi Ajar :
1.      Pengertian penyebab
2.      Konsep terjadinya penyakit model Roda
3.      Menjelaskan Konsep terjadinya penyakit  model Kerangka sebab akibat
4.      Menjelaskan konsep terjadinya penyakit  model segitiga epidemiologi
5.      Menjelaskan konsep pencegahan
6.      Menjelaskan tahap-tahap pencegahan



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah,Giving Question and getting Answer



VI.          Tahap Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dengan salam dan basmalah

B. Kegiatan Inti        :
·      Dosen melakukan apresepsi materi sebelumnya
·      Dosen memberikan materi pengertian konsep penyebab dan pencegahan
·      Dosen membagi 8 kelompok
·      Mahasiswa membuat 1 pertanyaan tentang materi yang belum jelas dan 1 kartu pernyataan tentang materi yan telah dikuasai
·      Dosen menyilangkan kartu ke kelompok lainnya untuk dijawab
·      Mahasiswa berdiskusi jawaban pertanyaan yang diberikan

C. Kegiatan Akhir  :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a.                      Alat/Media                     : OHP, LCD, Laptop

b.                      Bahan/Sumber Belajar   :
·                                    Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi II, 2004
·                                    Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·                                    Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004
·                                    Azwar A, Pengantar Epidemiologi, 1987



VIII. Penilaian :
A.   Teknik dan Instrumen penilaian :
1.    Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.    Jelaskan konsep penyebab secara multifaktor
3.    Nutrisi yang adekuat termasuk pencegahan.......

B.                 Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  1 L + 2 P + 2 T / 5

Keterangan : L = hasil diskusi
P = Proses (keaktifan)
T = Tes Tulis




RENCANA MUTU PEMBELAJARAN


Nama Dosen            : Thoufan Pratama, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : ke tiga
Alokasi Waktu         : 200 menit
Pertemuan               : ke 4 dan 5


I.              Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.



II.             Kompetensi Dasar :
Memahami Ukuran-ukuran dalam epidemiologi



III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan macam-macam ukuran epidemiologi
2.    Menjelaskan macam-macam ukuran frekuensi penyakit
3.    Menjelaskan konsep insidens dan prevalens
4.    Menjelaskan statistik kesakitan dan kematian


IV.          Materi Ajar :
1.    Macam-macam ukuran epidemiologi
2.    Macam-macam ukuran frekuensi penyakit
3.    Konsep insidens dan prevalens
4.    Statistik kesakitan dan kematian



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah dan reading guide



VI.          Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dengan salam dan basmalah

B. Kegiatan Inti        :
·         Dosen memberikan materi ukuran epidemiologi
·         Mahasiswa menjawab pertanyaan
·         Dosen memberikan pertanyaan secara tertulis
·         Mahasiswa menjawab pertanyaan
·         Mahasiswa berdiskusi atas jawaban pertanyaan yang diberikan
·         Dosen klarifikasi jawaban pertanyaan


C. Kegiatan Akhir  :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a.   Alat/Media                      : OHP, LCD, Laptop
b.   Bahan/Sumber Belajar   :
·         Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi II, 2004,
·         Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·         Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·         Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda, 1998
·         Ahlbom A, Pengantar Epidemiologi Modern, 1992



VIII. Penilaian :
A.        Teknik dan Instrumen penilaian :
1.    Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.    Prevalens rate dapat digunakan untuk ..................
3.    Insidens Rate dapat digunakan untuk .........

B.          Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  1 L + 2 P + 2 T / 5

Keterangan :   L = hasil diskusi
   P = Proses
   T = Tes Tulis




RENCANA MUTU PEMBELAJARAN


Nama Dosen            : Thoufan Pratama, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : ke empat
Alokasi Waktu         : 100 menit
Pertemuan               : ke 6


I.              Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.



II.             Kompetensi Dasar :
Memahami Variabel epidemiologi



III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan pengertian variabel epidemiologi
2.    Menjelaskan variabel epidemiologi model time place person



IV.          Materi Ajar :
1.    Pengertian variabel epidemiologi
2.    Variabel Epidemiologi model time place person



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah, reading guide



VI.          Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dengan salam dan basmalah

B. Kegiatan Inti        :
o  Dosen memberikan materi variabel epidemiologi
o  Mahasiswa menjawab pertanyaan
o  Dosen memberikan pertanyaan secara tertulis
o  Mahasiswa menjawab pertanyaan
o  Mahasiswa berdiskusi atas jawaban pertanyaan yang diberikan

C. Kegiatan Akhir  :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.      Alat/Media                     : OHP, LCD, Laptop
B.      Bahan/Sumber Belajar   :
·               Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi II, 2004.
·               Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·               Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·               Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda, 1998



VIII. Penilaian :
C.                             A. Teknik dan Instrumen penilaian :
1.    Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.    Skala perubahan frekuensi penyakit gangguan akibat kekurangan Yodium (GAKY) yang terjadi di suatu wilayah adalah....
3.    Jelaskan apa yang dimaksud pandemi

B. Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  1 L + 2 P + 2 T / 5

Keterangan :   L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis





RENCANA MUTU PEMBELAJARAN


Nama Dosen            : Thoufan Pratama, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : ke lima
Alokasi Waktu         : 100 menit
Pertemuan               : ke 7


I.              Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.



II.             Kompetensi Dasar :
Memahami Desain studi epidemiologi Deskriptif



III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan macam-macam desain studi epidemiologi
2.    Menjelaskan desain studi deskriptif
3.    menjelaskan kelemahan dan kelebihan desain studi deskriptif
4.    Menjelaskan desain studi cross sectional



IV.          Materi Ajar :
1.    Macam-macam desain studi epidemiologi
2.    Desain studi deskriptif
3.    Kelemahan dan kelebihan desain studi deskriptif
4.    Desain studi cross sectional



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah, reading guide



VI.          Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dengan salam dan basmalah

B. Kegiatan Inti        :
o   Dosen memberikan materi desain studi epidemiologi Deskriptif
o   Mahasiswa menjawab pertanyaan
o   Dosen memberikan pertanyaan secara tertulis
o   Mahasiswa menjawab pertanyaan
o   Mahasiswa berdiskusi atas jawaban pertanyaan yang diberikan
o   Dosen Klarifikasi jawaban pertanyaan


C. Kegiatan Akhir  :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a.   Alat/Media                      : OHP, LCD, Laptop
b.   Bahan/Sumber Belajar   :
·               Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi II, 2004,
·               Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·               Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·               Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda, 1998
·               Pengantar Epidemiologi Modern, 1992,
·               Sastroasmoro S, Metode Penelitian Klinis, 2001



VIII. Penilaian :
A.   Teknik dan Instrumen penilaian :
1.    Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.    Pada studi cross sectional ukuran yang sering digunakan untuk menyatakan asosiasi suatu faktor dengan penyakit adalah  ....
3.    Desain penelitian di bawah ini termasuk studi deskriptif,....

B.   Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  1 L + 2 P + 2 T / 5

Keterangan :   L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN


Nama Dosen            : Thoufan Pratama, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : ke enam
Alokasi Waktu         : 200 menit
Pertemuan               : ke 8 dan 9


I.             Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.



II.            Kompetensi Dasar :
Memahami Desain studi epidemiologi Analitik



III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
A.    menjelaskan desain studi analitik
B.     menjelaskan kelemahan dan kelebihan desain studi kohort
C.     menjelaskan kelemahan dan kelebihan desain studi kasus kohort
D.    menjelaskan studi eksperimental



IV.          Materi Ajar :
A.    Desain studi analitik
B.     Kelemahan dan kelebihan desain studi kohort
C.     Kelemahan dan kelebihan desain studi kasus kohort
D.    Studi Eksperimental



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah, reading guide



VI.          Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dengan salam dan basmalah

B. Kegiatan Inti        :
o   Dosen memberikan materi desain studi epidemiologi
o   Mahasiswa menjawab pertanyaan
o   Dosen memberikan pertanyaan secara tertulis
o   Mahasiswa menjawab pertanyaan
o   Mahasiswa berdiskusi atas jawaban pertanyaan yang diberikan
o   Dosen Klarifikasi jawaban pertanyaan


C. Kegiatan Akhir  :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan menutup dengan hamdalah



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a.           Alat/Media                      : OHP, LCD, Laptop
b.           Bahan/Sumber Belajar   :
1.        Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi II, 2004,
2.        Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
3.        Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
4.        Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda, 1998
5.        Pengantar Epidemiologi Modern, 1992,
6.        Sastroasmoro S, Metode Penelitian Klinis, 2001



VIII. Penilaian :
A. Teknik dan Instrumen penilaian :
1.    Keaktifan dalam perkuliahan (dinilai)
2.    Pada studi kohort ukuran yang sering digunakan untuk menyatakan asosiasi suatu faktor dengan penyakit adalah  ....
3.     Desain penelitian di bawah ini termasuk studi eksperimental,....

B.   Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  1 L + 2 P + 2 T / 5

Keterangan :   L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis



RENCANA MUTU PEMBELAJARAN


Nama Dosen            : Thoufan Pratama, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : ketujuh
Alokasi Waktu         : 200 menit
Pertemuan               : 10 dan 11


I.              Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.



II.             Kompetensi Dasar :
Memahami Konsep dasar Skrinning



III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan pengertian skrinning
2.    Menjelaskan tujuan dan manfaat skrinning
3.    Menjelaskan penyakit yang baik untuk diskrinning
4.    Menjelaskan validitas skrinning tes



IV.          Materi Ajar :
1.    Pengertian skrinning
2.    Tujuan dan manfaat skrinning
3.    Validitas skrinning tes (sensitivitas, Spesivisitas, Nilai prediktif positif dan nilai prediktif negatif)



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Presentasi



VI.          Tahap Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dan menjelaskan tentang pengertian skrinning, tujuan dan manfaat serta perhitungan validitas skrinning tes (sensitifitas, spesivisitas, nilai prediktif positif dan nilai prediktif negatif)

B. Kegiatan Inti        :
·   Dosen membagi menjadi 8  kelompok
·   Masing- masing kelompok diminta mendiskusikan materi dan menghitung validitas skrinning yang telah ditentukan oleh dosen
·   Mahasiswa membuat laporan hasil perhitungan validitas skrinning
·   Masing-Masing kelompok presentasi dalam diskusi kelas
·   Dosen memberi klarifikasi dan arahan hasil

C. Kegiatan Akhir  :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
a.   Alat/Media                     : OHP, LCD, Laptop
b.   Bahan/Sumber Belajar   :
·         Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi II, 2004, Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997,
·         Subaris H dkk, Manajemen Epidemiologi, 2004,
·         Green B, Medical Epidemiology, 2001
·         Ahlbom A, Pengantar Epidemiologi Modern, 1992



VIII.       Penilaian :
A.Teknik dan Instrumen penilaian :
1.    Hasil Diskusi (dinilai Dosen)
2.    Keaktifan dalam diskusi (dinilai)
3.    Kemampuan suatu tes untuk menyisihkan orang yang  tidak sakit dari kelompok orang yang benar-benar tidak sakit disebut....
4.    Kemampuan suatu tes untuk menyisihkan orang yang sakit dari kelompok orang yang benar-benar sakit disebut............

B. Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  1 L + 2 P + 2 T / 5

Keterangan :   L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis





RENCANA MUTU PEMBELAJARAN


Nama Dosen            : Thoufan Pratama, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : kedelapan
Alokasi Waktu         : 100 menit
Pertemuan               : 12


I.              Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.



II.             Kompetensi Dasar :
Memahami Investigasi wabah



III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan pengertian wabah
2.    Menjelaskan tujuan investigasi wabah
3.    Menjelaskan langkah-langkah investigasi wabah



IV.          Materi Ajar :
1.    Pengertian wabah/KLB
2.    Tujuan investigasi wabah
3.    Langkah-langkah investigasi wabah



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
          Ceramah, Diskusi Kelompok, Presentasi



VI.          Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dengan basmalah


B. Kegiatan Inti        :
·   Dosen menjelaskan tentang pengertian wabah, tujuan investigasi wabah dan langkah-langkah investigasi wabah
·   Mahasiswa mendengarkan ceramah dosen
·   Mahasiswa bertanya tentang materi yang belum jelas atau memberikan masukan /komentar tentang materiyang disampaikan 

C. Kegiatan Akhir  :
Dosen menutup perkuliahan dengan hamdalah



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.   Alat/Media                     : OHP, LCD, Laptop
B.   Bahan/Sumber Belajar   :
·         Depkes, Petunjuk praktis penyelidikan wabah, 2001
·         Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda,1998



VIII.   Penilaian :
A.Teknik dan Instrumen penilaian :
1.    Hasil diskusi (dinilai Dosen)
2.    Keaktifan dalam diskusi (dinilai)
3.    jelaskan tujuan investigasi wabah
4.    jelaskan langkah-langkah investigasi wabah

B.Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  1 L + 2 P + 2 T / 5

Keterangan :   L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis




RENCANA MUTU PEMBELAJARAN


Nama Dosen            : Thoufan Pratama, SKM
Program Studi         : DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah   :
Nama Mata Kuliah  : Epidemiologi
Jumlah SKS             : 2
Kelas/Semester      : IV
Pertemuan               : kesembilan
Alokasi Waktu         : 100 menit
Pertemuan               : ke 13


I.              Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi sehingga dapat menerapkan dalam
melakukan penelitian.



II.             Kompetensi Dasar :
Memahami Surveilans Epidemiologi



III.           Indikator :
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan pengertian surveilans
2.    Menjelaskan tujuan dan manfaat surveilans
3.    Menjelaskan evaluasi sistem surveilans
4.    Menjelaskan surveilans epidemiologi



IV.          Materi Ajar :
1.    Pengertian surveilans
2.    Tujuan dan manfaat surveilans
3.    Evaluasi sistem surveilans
4.    Surveilans Epidemiologi



V.           Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah, Diskusi Kelompok, Presentasi



VI.          Tahap Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
Dosen membuka mata kuliah dengan basmalah dan menjelaskan tentang pengertian, tujuan, evaluasi sistem surveilans dan surveilans epidemiologi



B. Kegiatan Inti        :
1.    Dosen menjelaskan tentang pengertian, tujuan dan manfaat surveilans, evaluasi sistem surveilans
2.    Mahasiswa mendengarkan ceramah dosen
3.    Mahasiswa bertanya tentang materi yang belum jelas atau memberikan masukan /komentar tentang materi yang disampaikan

C. Kegiatan Akhir  :
Dosen menutup perkuliahan dengan hamdalah



VII.         Alat/Bahan/Sumber Belajar :
A.   Alat/Media                     : OHP, LCD, Laptop
B.   Bahan/Sumber Belajar   :
·         Murti B, Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi edisi II, 2004
·         Beaglehole, Dasar-dasar epidemiologi, 1997
·         Mahon M, Epidemiologi Prinsip an Metoda,1998
·         Depkes, Petunjuk praktis surveilans epidemiologi penyakit, 2003



VIII. Penilaian :
A.   Teknik dan Instrumen penilaian :
1.        Hasil Diskusi (dinilai Dosen)
2.        Keaktifan dalam diskusi (dinilai)
3.        Jelaskan tujuan surveilans
4.        jelaskan evaluasi sistem surveilans

B.   Kriteria Penilaian :
Nilai Formatif =  1 L + 2 P + 2 T / 5

Keterangan :   L = hasil diskusi
P = Proses
T = Tes Tulis


No comments: