Nama Mata Kuliah : Metodologi Penelitian
Kode Mata Kuliah : Bd. 405
Beban Studi : 2 SKS
A. Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah Metodologi Penelitian membahas tentang konsep dasar penelitian, masalah penelitian, kerangka teori, dan kerangka konsep, variabel dan definisi operasional, rancangan penelitian, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data serta penulisan proposal penelitian.
B. Tujuan Instruksional :
Mahasiswa mampu mengaplikasikan materi metodologi penelitian yang meliputi konsep dasar penelitian, masalah penelitian, kerangka teori, dan kerangka konsep, variabel dan definisi operasional, rancangan penelitian, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data serta penulisan proposal penelitian.
C. Strategi Perkuliahan :
Strategi perkuliahan dilakukan dengan metode SCL (student centre learning), mahasiswa dituntut aktif mengembangkan materi, diskusi dan mengaplikasikan materi.
D. Evaluasi :
1. Ujian Tengah Semester : 20 %
2. Ujian Akhir Semester : 30%
3. Praktik : 50%
No
|
Pokok Bahasan
(Tujuan Intruksional Umum/TIU)
|
Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar (Tujuan Instruksional Khusus/TIK)
|
Waktu
|
Referensi
|
1
|
1.1 PENGERTIAN PENELITIAN
1.2 TUJUAN PENELITIAN
1.3 IMPLIKASI PENELITIAN DAN ILMU PENGETAHUAN SERTA KAITANNYA DENGAN PERKEMBANGAN IPTEK
1.4 RUANG LINGKUP PENELITIAN KEBIDANAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya penelitian kebidanan dalam perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kebidanan
|
120 Menit
|
BU 1, 2, 3 ,3,4,5
BA 3
|
2
|
2.1 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
2.2 CARA PENYUSUNAN PROPOSAL
2.3 CONTOH MODEL PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat :
- Memahami sistematika langkah-langkah penelitian
- Memahami cara penyusunan proposal penelitian
|
120 Menit
|
BU 1,3,5
BA 5
|
3
|
3.1 PENGERTIAN MASALAH PENELITIAN
3.2 MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
3.2.1 Mencari masalah
3.2.2 Sumber masalah
3.2.3 Ciri masalah
3.2.4 Cara merumuskan masalah
Mahasiswa dapat:
- Menjelaskan pengertian masalah penelitian
- Memahami perumusan masalah-masalah penelitian
|
120 Menit
|
BU 1,2,5
BA 1,3
|
4
|
4.1 PENTINGNYA TUJUAN PENELITIAN
4.2 CARA MERUMUSKAN TUJUAN PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat merumuskan tujuan penelitian
|
120 Menit
|
BU 1,2,4,5
BA 1,5
|
5
|
5.1 KERANGKA TEORITIS
5.2 KERANGKA KONSEP
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
5.2.1 Pengertian
5.2.2 Peranan kerangka konsep
5.2.3 Cara mengembangkan konsep
Mahasiswa dapat mengembangkan kerangka konsep penelitian
|
BU 1,2,3,4
BA 1,5
| |
6
|
6.1 PENGERTIAN VARIABLE DAN KONSEP
6.2 JENIS-JENIS VARIABLE
6.3 HUBUNGAN VARIABLE
6.4 DEFENISI OPERASIONAL VARIABLE
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat menetapkan variable penelitian dengan benar
|
120 Menit
|
BU 1
BU 2,3,5
BA 2
|
7
|
7.1 HIPOTESIS PENELITIAN
7.2 JENIS PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
7.1.1 Pengertian hipotesis
7.1.2 Ciri hipotesis yang baik
7.1.3 Jenis-jenis hipotesis
7.2.1 Menurut tujuan
7.2.2 Menurut sifat dasar
7.2.3 Menurut pendekatan
7.2.4 Menurut metoda
Mahasiswa dapat :
- Menjelaskan pengertian hipotesis dan ciri hipotesis yang baik
- Merumuskan hipotesis penelitian
- Membedakan berbagai macam jenis penelitian
|
120 Menit
|
BU 1,3,4,5
BA 2
|
8
|
MID TEST
| |||
9
|
9.1 PENGERTIAN RANCANGAN PENELITIAN
9.2 HUBUNGAN RANCANGAN PENELITIAN DENGAN PEMBUKTIAN HIPOTESIS
9.3 RANCANGAN PENELITIAN SURVEY
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
9.2.1 Hubungan kausal
9.2.2 Validitas eksternal dan internal
Mahasiswa dapat :
- Menjelaskan pengertian rancangan penelitian
- Menjelaskan hubungan rancangan penelitian dengan pembuktian hipotesis
- Mengenal rancangan penelitian survey
|
120 Menit
|
BU 1,2,3,5
BA 2
|
10
|
10.1RANCANGAN PENELITIAN PERCOBAAN
10.2RANCANGAN QUASI EKSPERIMENTAL
10.3RANCANGAN PENELITIAN KLINIK
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
10.1.1 Prinsip dasar
10.1.2 Jenis rancangan percobaan (RAI/RAK)
10.1.3 Percobaan factorial
Mahasiswa dapat mengenal rancangan penelitian percobaan, rancangan quasi eksperimental dan rancangan penelitian klinik.
|
120 Menit
|
BU 1,5
|
11
|
11.1PENGERTIAN RAP
11.2TUJUAN RAP
11.3KEGUNAAN RAP
11.4RANCANGAN PELAKSANAAN RAP
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan: konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
11.4.1 Fgd
11.4.2 Indepth interview
11.4.3 Observasi
11.4.4 Survey
Mahasiswa dapat memahami rapid assessment prosedur (RAP)
|
120 Menit
|
BU 1, 2,4
BA 1, 3, 5
|
12
|
12.1METODE PENGUMPULAN DATA
12.2TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
12.2.1 Pengamatan
12.2.2 Angket
12.2.3 Wawancara
12.2.4 Pengukuran
Mahasiswa dapat memahami teknik pengumpulan data
|
120 Menit
|
BU 1, 2,5
BA 1, 3, 5
|
13
|
13.1VALIDITAS DAN RELIABILITAS
13.2PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat :
- Memahami validitas dan reliabilitas
- Membuat instrumen penelitian
|
120 Menit
|
BU 1, 2, 3,4,5
BA 1, 2, 3, 4, 5
|
14
|
14.1PENGERTIAN PENGOLAHAN DATA
14.2TAHAP-TAHAP PENGOLAHAN DATA
14.3CARA PENGOLAHAN DATA
14.4INTERPRETASI HASIL PENGOLAHAN DATA
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa dapat memahami cara pengolahan data dan interpretasinya
|
120 Menit
|
BU 1, 2, 3
BA 1, 2, 3, 4, 5
|
15
|
15.1TEKNIK PRESENTASI HASIL
15.2SISTEMATIKA LAPORAN
15.3PENULISAN RUJUKAN / SUMBER PUSTAKA
Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan pokok bahasan : konsep penelitian, sistematika penelitian, langkah – langkah penelitian, metodelogi penelitian, mengkritik jurnal/proposal orang lain, membuat proposal penelitian, seminar penelitian, seminar proposal dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
|
Mahasiswa mampu memahami teknik presentasi hasil, sistematika laporan dan penulisan sumber pustaka
|
120 Menit
|
BU I,5
|
16
|
FINAL TEST
|
REFERENSI :
Buku Utama
- Pratiknya, 2000, Dasar-dasar Metodelogi Penelitian dan Kesehatan, Jakarta, Raja Grapindo Presada
- Arjatmo Tjokronegoro, 1999, Metodelogi Penelitian Bidang Kedokteran, Jakarta, FKUI
- Soekidjo Notoatmojo, 1993, Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta
4. A. Aziz Alimul Hidayat, 2009, Metodologi Penelitian kebidanan dan Teknik Analisa Data, Jakarta, Salemba medika.
5. Azrul Azwar, Jaedo Prihartono, 2003, Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Batam, Bina Rupa Aksara.
Buku Anjuran :
- Collin Rees, 1997, An Introduction to research for midwives, England, chapter 4
- Ruth Bennett, 1993, Myles Textbook for Midwives. Longman Group UK Limited, chapter 50
- Elizabeth R, Cluetlaand Rosalind Bluff, 2000, Principles and Practice of Reseach in Midwifery. Bailliere Tindall, Harcout Publishers Limited
- Felicia Mc Carnick and Mary Refren, 1997, The Midwives Research Database, MIRIAD, Third edition, Ashley Road, Hochland & Hochland Limited
- Pam Smith, 1997, Research Mindodness for Practice, An Interactive Approach for Nursing and Health Care, London, Churchill Livingstone
1 comment:
thanks gan, tp ini untuk strata apa?
Post a Comment