Tuesday, April 3, 2012
Merger Kelamin
Jarak bukanlah suatu masalah dalam hal mendekatkan/menyatukan dua kelamin yang berlainan jenis, dalam hal ini banyaknya berita yang menghiasi media elektronik dan cetak. Mereka-mereka yang terlibat bukanlah tidak tahu ataupun pura-pura lugu apalagi jika dikatakan tidak ber”agama” melainkan karena memang tidak ada lagi alarm peringatan yang dapat membuat mereka untuk lebih memikirkan “kausalisasi” tindakannya.
Jika, kakek nenek kita biasa memperingati untuk tidak terlalu larut dalam cengkerama dua insan beda kelamin kepada anak-anaknya namun anak-anaknya saat ini tidak lagi menjadikan “warning” itu sebagai peringatan “sosiopsikologis” kepada anak-anak mereka berikutnya (baca : sebagai cucu dari kakek-nenek diatas). Pun tidak menafikan bahwasanya dari jaman kakek-neneknya kakek dan nenek kita hal yang demikian tidak ada atau sedikit tapi alangkah sangat menyayat apabila hal-hal yang demikian tetap lestari hingga saat ini dimana semua norme dan aturan seolah-olah telah menyempitkan ruang gerak kita dengan mengatasnamakan kebebasan ataukah malah kebablasan.
Sunday, April 1, 2012
Thursday, March 22, 2012
Sunday, March 18, 2012
PENGERTIAN BID'AH
Bid'ah menurut bahasa, diambil dari bida' yaitu mengadakan sesuatu tanpa ada contoh.
Sebelumnya Allah berfirman.
Badiiu' as-samaawaati wal ardli
"Artinya : Allah pencipta langit dan bumi" [Al-Baqarah : 117]
Artinya adalah Allah yang mengadakannya tanpa ada contoh sebelumnya.
Juga firman Allah.
Qul maa kuntu bid'an min ar-rusuli
"Artinya : Katakanlah : 'Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul". [Al-Ahqaf : 9].
Saturday, March 17, 2012
Pedagogi Kritis
APA ITU CRITICAL PEDAGOGY…?
1. Secara bahasa pedagogi berasal
dari bahasa yunani kuno terdiri dari dua kata yaitu Pais yang berarti anak
(child) dan Agi yang berarti memimpin (lead), jadi pedagogi berarti lead the
child atau memimpin anak. Dalam perkembangannya pedagogi sering dimaknai
sebagai pendidikan/ilmu mendidik (ilmu mendidik anak yang belum dewasa),
sedangkan mendidik/ilmu mendidik orang dewasa disebut andragogi. Meskipun
demikian penggunaan istilah pedagogi sering dimaksudkan sebagai pendidikan
dalam arti umum/luas (Education) tanpa membedakan tingkatan usia kematangan
seseorang.
2. Pedagogi kritis (critical pedagogy) merupakan pendekatan pembelajaran yang berupaya membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktek-praktek yang mendominasi (wikipedia) . the term has traditionally referred to educational theory and teaching and learning practices that are designed to raise learners’ critical consciousness regarding oppressive social conditions. In addition to its focus on personal liberation through the development of critical consciousness, critical pedagogy also has a more collective political component, in that critical consciousness is positioned as the necessary first step of a larger collective political struggle to challenge and transform oppressive social conditions and to create a more egalitarian society. Pedagogi kritis (critical pedagogy) dapat dimaknai sebagai pendidikan kritis yaitu pendidikan yang selalu mempertanyakan mengkritisi pendidikan itu sendiri dalam hal-hal fundamental tentang pendidikan baik dalam tataran filosofis, teori, sistem, kebijakan maupun implementasi implementasi
2. Pedagogi kritis (critical pedagogy) merupakan pendekatan pembelajaran yang berupaya membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktek-praktek yang mendominasi (wikipedia) . the term has traditionally referred to educational theory and teaching and learning practices that are designed to raise learners’ critical consciousness regarding oppressive social conditions. In addition to its focus on personal liberation through the development of critical consciousness, critical pedagogy also has a more collective political component, in that critical consciousness is positioned as the necessary first step of a larger collective political struggle to challenge and transform oppressive social conditions and to create a more egalitarian society. Pedagogi kritis (critical pedagogy) dapat dimaknai sebagai pendidikan kritis yaitu pendidikan yang selalu mempertanyakan mengkritisi pendidikan itu sendiri dalam hal-hal fundamental tentang pendidikan baik dalam tataran filosofis, teori, sistem, kebijakan maupun implementasi implementasi
Organisasi Pembelajar (STLO = system Thinking Learning Organization)
Organisasi
belajar atau organisasi
pembelajaran adalah suatu konsep dimana organisasi dianggap mampu untuk terus menerus melakukan proses
pembelajaran mandiri (self leraning) sehingga organisasi tersebut
memiliki ‘kecepatan berpikir dan bertindak’ dalam merespon beragam perubahan
yang muncul.
Pedler, Boydell
dan Burgoyne mendefinisikan bahwa organisasi pembelajaran adalah “Sebuah
organisasi yang memfasilitasi pembelajaran dari seluruh anggotanya dan secara
terus menerus mentransformasikan diri”. • Menurut Lundberg (Dale, 2003)
menyatakan bahwa pembelajaran adalah “suatu kegiatan bertujuan yang diarahkan
pada pemerolehan dan pengembangan keterampilan dan pengetahuan serta
aplikasinya”. • Menurut Sandra Kerka (1995) yang paling konseptual dari
learning organization adalah asumsi bahwa ‘belajar itu penting’, berkelanjutan,
dan lebih efektif ketika dibagikan dan bahwa setiap pengalaman adalah suatu
kesempatan untuk belajar.
Friday, March 9, 2012
Focus Group Discussion (FGD)
FGD merupakan bentuk penelitian kualitatif di mana sekelompok orang yang bertanya
tentang sikap mereka terhadap produk, layanan, konsep, iklan, ide, atau
kemasan. Pertanyaan diminta dalam grup pengaturan interaktif dimana peserta
bebas untuk berbicara dengan anggota kelompok lainnya.
Dalam FGD biasanya terdapat
suatu topik yang dibahas dan didiskusikan bersama. Prinsip-prinsip FGD di
antaranya:
1. FGD adalah kelompok
diskusi bukan wawancara atau obrolan. Ciri khas metode FGD yang tidak dimiliki
oleh metode riset kualitaif lainnya (wawancara mendalam atau observasi) adalah
interaksi! Hidup mati sebuah FGD terletak pada ciri ini. Tanpa interaksi sebuah
FGD berubah wujud menjadi kelompok wawancara terfokus (FGI-Focus Group
Interview). Hal ini terjadi apabila moderator cenderung selalu mengkonfirmasi
setiap topik satu per satu kepada seluruh peserta FGD. Semua peserta FGD secara
bergilir diminta responnya untuk setiap topik, sehingga tidak terjadi dinamika
kelompok.
Thursday, March 8, 2012
Himenoplasty
Hymen adalah lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, robekan pada hymen seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.
Pada
saat seorang gadis baru memasuki usia sekolah, selaput dara masih tipis dan
bahkan hampir tembus cahaya. Oleh karena itu, pada usia ini, selaput dara lebih
mudah mengalami robekan, terutama akibat olahraga seperti berkuda, bersepeda,
atau senam. Setelah pubertas, akibat pengaruh hormon estrogen, hymen akan
sedikit menebal dan berwarna merah muda. Tapi perlu diingat bahwa ketebalan,
bentuk, dan elastisitas hymen berbeda-beda pada setiap wanita.
(SAP) Satuan Acara Pembelajaran Epidemiologi
Nama Dosen : THOUFAN PRATAMA, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
kesatu
Alokasi Waktu :
100 menit
Pertemuan :
kesatu
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui,
memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi
sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi
Dasar :
Memahami Konsep
dasar Epidemiologi
|
GBPP-Silabus Mata Kuliah Epidemiologi
Nama Dosen : THOUFAN PRATAMA, SKM
Program Studi :
DIII KEBIDANAN
Kode Mata
Kuliah :
Nama Mata
Kuliah :
EPIDEMIOLOGI
Jumlah SKS : 2
Semester : IV
Deskripsi Mata
Kuliah :
Mata kuliah ini
membahas tentang konsep dasar epidemiologi yang meliputi konsep penyebab
penyakit, epidemiologi deskriptif, epidemiologi analitik,desain studi
epidemiologi, skrining, investigasi wabah dan surveilans epidemiologi.
Standar
Kompetensi :
Mahasiswa dapat
mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep
epidemiologi sehingga dapat digunakan dalam memecahkan permasalahan kebidanan
dan dapat diterapkan dalam melakukan penelitian.
Cara Alamiah Merangsang Persalinan
Jika kehamilan sudah mencapai usia 40 minggu dan belum ada tanda-tanda kontraksi maka ibu hamil akan diberikan induksi untuk merangsang persalinan. Tapi ternyata ada cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk merangsang persalinan. Persalinan umumnya tidak akan mulai terjadi ketika seseorang sedang tegang, khawatir atau berusaha keras untuk melahirkan. Beberapa ibu kadang harus menggunakan bantuan induksi untuk merangsang terjadinya kontraksi. Induksi ini tidak hanya sebatas obat-obatan, tapi juga bisa didapatkan secara alami atau natural. Induksi alami sebaiknya dilakukan minimal setelah usia kehamilan mencapai 38 minggu
Beberapa hal bisa dilakukan untuk menginduksi persalinan secara alam:
Cobalah untuk berjalan-jalan
Melakukan jalan-jalan dengan perlahan dan lembut bisa memulai terjadi kontraksi, menempatkan tekanan pada leher rahim yang dapat mendorongnya untuk membesar. Tapi pastikan tetap mengonsumsi cairan yang cukup, mempertahankan suhu tubuh dan mendengarkan sinyal dari tubuh. Jika tubuh sudah merasa lelah itu memberitahu untuk berhenti.
Melakukan jalan-jalan dengan perlahan dan lembut bisa memulai terjadi kontraksi, menempatkan tekanan pada leher rahim yang dapat mendorongnya untuk membesar. Tapi pastikan tetap mengonsumsi cairan yang cukup, mempertahankan suhu tubuh dan mendengarkan sinyal dari tubuh. Jika tubuh sudah merasa lelah itu memberitahu untuk berhenti.
Cobalah untuk rileks
Cobalah mandi dengan iar hangat, mendapatkan pijat dengan tujuan relaksasi yang membuat tubuh tenang. Jika rileks maka tubuh akan lebih siap untuk melakukan persalinan.
Cobalah mandi dengan iar hangat, mendapatkan pijat dengan tujuan relaksasi yang membuat tubuh tenang. Jika rileks maka tubuh akan lebih siap untuk melakukan persalinan.
Melakukan hubungan seks
Seks merupakan trik yang paling terkenal untuk memulai persalinan, karena cairan semen mengandung prostaglandin alami yaitu hormon yang terlibat dalam persalinan awal. Kegiatan sederhana lainnya juga bisa membantu seperti meminta pasangan untuk merangsang puting susu sehingga bisa mencapai orgasme. Kondisi ini bisa membantu membuka leher rahim sebesar 2 cm.
Seks merupakan trik yang paling terkenal untuk memulai persalinan, karena cairan semen mengandung prostaglandin alami yaitu hormon yang terlibat dalam persalinan awal. Kegiatan sederhana lainnya juga bisa membantu seperti meminta pasangan untuk merangsang puting susu sehingga bisa mencapai orgasme. Kondisi ini bisa membantu membuka leher rahim sebesar 2 cm.
Berbicara dengan bayi yang dikandung
Studi terbaru menunjukkan berbicara dengan bayi yang dikandung dan memastikan bahwa ia akan merasa diterima dengan baik dan memberikan kesempatan membentuk ikatan dengan bayi yang secara alami bisa menginduksi persalinan.
Studi terbaru menunjukkan berbicara dengan bayi yang dikandung dan memastikan bahwa ia akan merasa diterima dengan baik dan memberikan kesempatan membentuk ikatan dengan bayi yang secara alami bisa menginduksi persalinan.
Subscribe to:
Posts (Atom)