Thursday, June 27, 2013
Wednesday, December 26, 2012
Kata-Kata Bijak Para Filosof Yunani
Siapa saja para filosof yunani tersebut dibawah ini adalah mereka yang
selalu membuat rangkaian kata-kata yang indah dan enak untuk dibaca.
Socrates
Seseorang
menampar pipi Socrates,lalu pada bekas tamparan itu Socrates menulis “Seseorang
telah menamparku ini balasan dariku”.
Socrates di cela karena makan terlalu sedikit, maka di menjawab,“aku makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan”.
Socrates di cela karena di tidak banyak bicara, dia menjawab,”Allah Taala telah menciptakan dua telinga dan satu lidah untukku agar aku banyak mendengar daripada berbicara,tetapi kalian lebih banyak bicara daripada mendengar”.
Socrates di cela karena makan terlalu sedikit, maka di menjawab,“aku makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan”.
Socrates di cela karena di tidak banyak bicara, dia menjawab,”Allah Taala telah menciptakan dua telinga dan satu lidah untukku agar aku banyak mendengar daripada berbicara,tetapi kalian lebih banyak bicara daripada mendengar”.
Pepatah Hidup Para Tokoh
Contoh
yang baik adalah nasehat terbaik. ~ Fuller
Jika
kita melayani, maka hidup akan lebih berarti. ~ John Gardne
Apabila
di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan,
maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan
kemajuan selangkah pun. ~ Bung Karno
Kita
semua hidup dalam ketegangan, dari waktu ke waktu, serta dari hari ke hari;
dengan kata lain, kita adalah pahlawan dari cerita kita sendiri. ~ Mary
McCarthy
Apa
yang nampak sebagai suatu kemurahan hati, sering sebenarnya tiada lain daripada
ambisi yang terselubung, yang mengabaikan kepentingan-kepentingan kecil untuk
mengejar kepentingan- kepentingan yang lebih besar. ~ La Roucefoucauld
Thursday, December 6, 2012
Tuesday, November 27, 2012
Saturday, November 10, 2012
Tuesday, October 16, 2012
Tuesday, April 3, 2012
Merger Kelamin
Jarak bukanlah suatu masalah dalam hal mendekatkan/menyatukan dua kelamin yang berlainan jenis, dalam hal ini banyaknya berita yang menghiasi media elektronik dan cetak. Mereka-mereka yang terlibat bukanlah tidak tahu ataupun pura-pura lugu apalagi jika dikatakan tidak ber”agama” melainkan karena memang tidak ada lagi alarm peringatan yang dapat membuat mereka untuk lebih memikirkan “kausalisasi” tindakannya.
Jika, kakek nenek kita biasa memperingati untuk tidak terlalu larut dalam cengkerama dua insan beda kelamin kepada anak-anaknya namun anak-anaknya saat ini tidak lagi menjadikan “warning” itu sebagai peringatan “sosiopsikologis” kepada anak-anak mereka berikutnya (baca : sebagai cucu dari kakek-nenek diatas). Pun tidak menafikan bahwasanya dari jaman kakek-neneknya kakek dan nenek kita hal yang demikian tidak ada atau sedikit tapi alangkah sangat menyayat apabila hal-hal yang demikian tetap lestari hingga saat ini dimana semua norme dan aturan seolah-olah telah menyempitkan ruang gerak kita dengan mengatasnamakan kebebasan ataukah malah kebablasan.
Sunday, April 1, 2012
Thursday, March 22, 2012
Sunday, March 18, 2012
PENGERTIAN BID'AH
Bid'ah menurut bahasa, diambil dari bida' yaitu mengadakan sesuatu tanpa ada contoh.
Sebelumnya Allah berfirman.
Badiiu' as-samaawaati wal ardli
"Artinya : Allah pencipta langit dan bumi" [Al-Baqarah : 117]
Artinya adalah Allah yang mengadakannya tanpa ada contoh sebelumnya.
Juga firman Allah.
Qul maa kuntu bid'an min ar-rusuli
"Artinya : Katakanlah : 'Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul". [Al-Ahqaf : 9].
Saturday, March 17, 2012
Pedagogi Kritis
APA ITU CRITICAL PEDAGOGY…?
1. Secara bahasa pedagogi berasal
dari bahasa yunani kuno terdiri dari dua kata yaitu Pais yang berarti anak
(child) dan Agi yang berarti memimpin (lead), jadi pedagogi berarti lead the
child atau memimpin anak. Dalam perkembangannya pedagogi sering dimaknai
sebagai pendidikan/ilmu mendidik (ilmu mendidik anak yang belum dewasa),
sedangkan mendidik/ilmu mendidik orang dewasa disebut andragogi. Meskipun
demikian penggunaan istilah pedagogi sering dimaksudkan sebagai pendidikan
dalam arti umum/luas (Education) tanpa membedakan tingkatan usia kematangan
seseorang.
2. Pedagogi kritis (critical pedagogy) merupakan pendekatan pembelajaran yang berupaya membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktek-praktek yang mendominasi (wikipedia) . the term has traditionally referred to educational theory and teaching and learning practices that are designed to raise learners’ critical consciousness regarding oppressive social conditions. In addition to its focus on personal liberation through the development of critical consciousness, critical pedagogy also has a more collective political component, in that critical consciousness is positioned as the necessary first step of a larger collective political struggle to challenge and transform oppressive social conditions and to create a more egalitarian society. Pedagogi kritis (critical pedagogy) dapat dimaknai sebagai pendidikan kritis yaitu pendidikan yang selalu mempertanyakan mengkritisi pendidikan itu sendiri dalam hal-hal fundamental tentang pendidikan baik dalam tataran filosofis, teori, sistem, kebijakan maupun implementasi implementasi
2. Pedagogi kritis (critical pedagogy) merupakan pendekatan pembelajaran yang berupaya membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktek-praktek yang mendominasi (wikipedia) . the term has traditionally referred to educational theory and teaching and learning practices that are designed to raise learners’ critical consciousness regarding oppressive social conditions. In addition to its focus on personal liberation through the development of critical consciousness, critical pedagogy also has a more collective political component, in that critical consciousness is positioned as the necessary first step of a larger collective political struggle to challenge and transform oppressive social conditions and to create a more egalitarian society. Pedagogi kritis (critical pedagogy) dapat dimaknai sebagai pendidikan kritis yaitu pendidikan yang selalu mempertanyakan mengkritisi pendidikan itu sendiri dalam hal-hal fundamental tentang pendidikan baik dalam tataran filosofis, teori, sistem, kebijakan maupun implementasi implementasi
Organisasi Pembelajar (STLO = system Thinking Learning Organization)
Organisasi
belajar atau organisasi
pembelajaran adalah suatu konsep dimana organisasi dianggap mampu untuk terus menerus melakukan proses
pembelajaran mandiri (self leraning) sehingga organisasi tersebut
memiliki ‘kecepatan berpikir dan bertindak’ dalam merespon beragam perubahan
yang muncul.
Pedler, Boydell
dan Burgoyne mendefinisikan bahwa organisasi pembelajaran adalah “Sebuah
organisasi yang memfasilitasi pembelajaran dari seluruh anggotanya dan secara
terus menerus mentransformasikan diri”. • Menurut Lundberg (Dale, 2003)
menyatakan bahwa pembelajaran adalah “suatu kegiatan bertujuan yang diarahkan
pada pemerolehan dan pengembangan keterampilan dan pengetahuan serta
aplikasinya”. • Menurut Sandra Kerka (1995) yang paling konseptual dari
learning organization adalah asumsi bahwa ‘belajar itu penting’, berkelanjutan,
dan lebih efektif ketika dibagikan dan bahwa setiap pengalaman adalah suatu
kesempatan untuk belajar.
Friday, March 9, 2012
Focus Group Discussion (FGD)
FGD merupakan bentuk penelitian kualitatif di mana sekelompok orang yang bertanya
tentang sikap mereka terhadap produk, layanan, konsep, iklan, ide, atau
kemasan. Pertanyaan diminta dalam grup pengaturan interaktif dimana peserta
bebas untuk berbicara dengan anggota kelompok lainnya.
Dalam FGD biasanya terdapat
suatu topik yang dibahas dan didiskusikan bersama. Prinsip-prinsip FGD di
antaranya:
1. FGD adalah kelompok
diskusi bukan wawancara atau obrolan. Ciri khas metode FGD yang tidak dimiliki
oleh metode riset kualitaif lainnya (wawancara mendalam atau observasi) adalah
interaksi! Hidup mati sebuah FGD terletak pada ciri ini. Tanpa interaksi sebuah
FGD berubah wujud menjadi kelompok wawancara terfokus (FGI-Focus Group
Interview). Hal ini terjadi apabila moderator cenderung selalu mengkonfirmasi
setiap topik satu per satu kepada seluruh peserta FGD. Semua peserta FGD secara
bergilir diminta responnya untuk setiap topik, sehingga tidak terjadi dinamika
kelompok.
Thursday, March 8, 2012
Himenoplasty
Hymen adalah lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, robekan pada hymen seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.
Pada
saat seorang gadis baru memasuki usia sekolah, selaput dara masih tipis dan
bahkan hampir tembus cahaya. Oleh karena itu, pada usia ini, selaput dara lebih
mudah mengalami robekan, terutama akibat olahraga seperti berkuda, bersepeda,
atau senam. Setelah pubertas, akibat pengaruh hormon estrogen, hymen akan
sedikit menebal dan berwarna merah muda. Tapi perlu diingat bahwa ketebalan,
bentuk, dan elastisitas hymen berbeda-beda pada setiap wanita.
(SAP) Satuan Acara Pembelajaran Epidemiologi
Nama Dosen : THOUFAN PRATAMA, SKM
Program Studi :
DIII Kebidanan
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi
Jumlah SKS :
2
Kelas/Semester :
IV
Pertemuan :
kesatu
Alokasi Waktu :
100 menit
Pertemuan :
kesatu
I.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui,
memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep epidemiologi
sehingga dapat menerapkan dalam melakukan penelitian.
|
II.
Kompetensi
Dasar :
Memahami Konsep
dasar Epidemiologi
|
GBPP-Silabus Mata Kuliah Epidemiologi
Nama Dosen : THOUFAN PRATAMA, SKM
Program Studi :
DIII KEBIDANAN
Kode Mata
Kuliah :
Nama Mata
Kuliah :
EPIDEMIOLOGI
Jumlah SKS : 2
Semester : IV
Deskripsi Mata
Kuliah :
Mata kuliah ini
membahas tentang konsep dasar epidemiologi yang meliputi konsep penyebab
penyakit, epidemiologi deskriptif, epidemiologi analitik,desain studi
epidemiologi, skrining, investigasi wabah dan surveilans epidemiologi.
Standar
Kompetensi :
Mahasiswa dapat
mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep
epidemiologi sehingga dapat digunakan dalam memecahkan permasalahan kebidanan
dan dapat diterapkan dalam melakukan penelitian.
Cara Alamiah Merangsang Persalinan
Jika kehamilan sudah mencapai usia 40 minggu dan belum ada tanda-tanda kontraksi maka ibu hamil akan diberikan induksi untuk merangsang persalinan. Tapi ternyata ada cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk merangsang persalinan. Persalinan umumnya tidak akan mulai terjadi ketika seseorang sedang tegang, khawatir atau berusaha keras untuk melahirkan. Beberapa ibu kadang harus menggunakan bantuan induksi untuk merangsang terjadinya kontraksi. Induksi ini tidak hanya sebatas obat-obatan, tapi juga bisa didapatkan secara alami atau natural. Induksi alami sebaiknya dilakukan minimal setelah usia kehamilan mencapai 38 minggu
Beberapa hal bisa dilakukan untuk menginduksi persalinan secara alam:
Cobalah untuk berjalan-jalan
Melakukan jalan-jalan dengan perlahan dan lembut bisa memulai terjadi kontraksi, menempatkan tekanan pada leher rahim yang dapat mendorongnya untuk membesar. Tapi pastikan tetap mengonsumsi cairan yang cukup, mempertahankan suhu tubuh dan mendengarkan sinyal dari tubuh. Jika tubuh sudah merasa lelah itu memberitahu untuk berhenti.
Melakukan jalan-jalan dengan perlahan dan lembut bisa memulai terjadi kontraksi, menempatkan tekanan pada leher rahim yang dapat mendorongnya untuk membesar. Tapi pastikan tetap mengonsumsi cairan yang cukup, mempertahankan suhu tubuh dan mendengarkan sinyal dari tubuh. Jika tubuh sudah merasa lelah itu memberitahu untuk berhenti.
Cobalah untuk rileks
Cobalah mandi dengan iar hangat, mendapatkan pijat dengan tujuan relaksasi yang membuat tubuh tenang. Jika rileks maka tubuh akan lebih siap untuk melakukan persalinan.
Cobalah mandi dengan iar hangat, mendapatkan pijat dengan tujuan relaksasi yang membuat tubuh tenang. Jika rileks maka tubuh akan lebih siap untuk melakukan persalinan.
Melakukan hubungan seks
Seks merupakan trik yang paling terkenal untuk memulai persalinan, karena cairan semen mengandung prostaglandin alami yaitu hormon yang terlibat dalam persalinan awal. Kegiatan sederhana lainnya juga bisa membantu seperti meminta pasangan untuk merangsang puting susu sehingga bisa mencapai orgasme. Kondisi ini bisa membantu membuka leher rahim sebesar 2 cm.
Seks merupakan trik yang paling terkenal untuk memulai persalinan, karena cairan semen mengandung prostaglandin alami yaitu hormon yang terlibat dalam persalinan awal. Kegiatan sederhana lainnya juga bisa membantu seperti meminta pasangan untuk merangsang puting susu sehingga bisa mencapai orgasme. Kondisi ini bisa membantu membuka leher rahim sebesar 2 cm.
Berbicara dengan bayi yang dikandung
Studi terbaru menunjukkan berbicara dengan bayi yang dikandung dan memastikan bahwa ia akan merasa diterima dengan baik dan memberikan kesempatan membentuk ikatan dengan bayi yang secara alami bisa menginduksi persalinan.
Studi terbaru menunjukkan berbicara dengan bayi yang dikandung dan memastikan bahwa ia akan merasa diterima dengan baik dan memberikan kesempatan membentuk ikatan dengan bayi yang secara alami bisa menginduksi persalinan.
Tentang Widyaiswara
Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang dengan tugas, tanggung jawab, wewenang untuk mendidik, mengajar, dan/atau melatih PNS pada lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) pemerintah.
DASAR HUKUM
- Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Diklat PNS;
- Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2006 tentang Tunjangan Jabatan Fungsional Widyaiswara;
Bina Keluarga Balita
A. Pengertian
Bina keluarga balita adalah kegiatan yang khusus mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader dan berada ditingkat RW. (Pedoman Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita Tahun 2006)
Bina Keluarga Balita (BKB) adalah upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita.
Bina keluarga balita adalah kegiatan yang khusus mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader dan berada ditingkat RW. (Pedoman Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita Tahun 2006)
Bina Keluarga Balita (BKB) adalah upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita.
Sunday, February 26, 2012
Garis-Garis Besar Program Pengajaran-GBPP
Nama Mata Kuliah : Metodologi Penelitian
Kode Mata Kuliah : Bd. 405
Beban Studi : 2 SKS
A. Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah Metodologi Penelitian membahas tentang konsep dasar penelitian, masalah penelitian, kerangka teori, dan kerangka konsep, variabel dan definisi operasional, rancangan penelitian, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data serta penulisan proposal penelitian.
Nomor Induk Dosen Nasional
Nomor Induk Dosen Nasional
SURAT EDARAN
No : 2899.1 /E4.1/2011
Tanggal : 11
Oktober 2011
Perihal : Nomor Induk Dosen Nasional
Kepada Yth :
1. Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri
2. Koordinator Kopertis Wilayah I – XII.
Pasal 46 ayat 2(a) Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005
tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa dosen memiliki kualifikasi akademik
minimum lulusan program magister untuk program diploma atau program sarjana.
Selanjutnya pasal 48 ayat 2 menyatakan bahwa jabatan akademik dosen tetap
terdiri atas asisten ahli, lektor, lektor kepala dan professor.
Monday, February 20, 2012
Rangkaian Nama Bayi Laki-Laki Islami
A
Abid Aqila Pranaja G*** → Anak laki-laki yg berakal dan ahli ibadah
- Abid : Ahli Ibadah (Arab)
- Aqila : Yg berakal (Arab)
- Pranaja : Anak laki-laki (Sansekerta, Kawi)
- G*** : Nama ayahnya
Abid Fadhil Abyan → Ahli ibadah yg mulia yg menjelaskan dgn gamblang
- Abid : Ahli Ibadah (Arab)
- Fadhil : Mulia
- Abyan : Yg menjelaskan dgn gamblang
Abraham Alexi Pratama → Putra pertama yang bisa menjadi bapak buat banyak orang, menjadi pembela dan pelindung bagi smua orang
- Abraham : Bapa bagi bangsa-bangsa
- Alexi : Penjaga, pejuang, pelindung
- Pratama : Anak Pertama
Rangkaian nama-nama bayi perempuan
A
Adeeva Afsheen Myesha Rosyadi
- Adeeva, Adiva : 1) Menyenangkan, sedap, lemah lembut (Arab) 2) Sopan santun, baik budi (Hebrew)
- Afsheen : Bersinar seperti bintang di langit (Arab)
- Myesha, Myisha, Myeisha, Myeshia, Myiesha, Myeasha, Mysha : 1) Lincah, bersemangat, seperti wanita (Arab) 2) Karunia kehidupan
- Rosyadi : Nama ayahnya
Adelheid Larina Devi
- Adelheid : Orang yang mulia, bangsawan (German)
- Larina : Burung camar (Yunani)
- Devi, Deva, Daeva, Dewi : 1) Bersifat ketuhanan, hebat (Hindi) 2) Ratu, bersih (Sansekerta)
Adelle Dwi Alexa → Putri kedua yang mulia dan penolong umat manusia
- Adelle : Orang yang mulia dan Tentram (Jerman)
- Dwi : Putri ke dua
- Alexa : Pembela umat manusia/penolong (Yunani & Jerman)
Friday, February 17, 2012
Jabatan Fungsional
Dasar Aturan
Penetapan Jabatan Fungsional Jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian/dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri. |
Subscribe to:
Posts (Atom)